Saturday, March 03, 2012

Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal, Apa Artinya??

Pernahkah kamu bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal? Lalu, biasanya apa reaksimu?? Menurut mitos yang beredar luas di kalangan masyarakat kita, kalau kita didatangi oleh orang yang sudah meninggal, katanya kita "mau diajak pergi" juga. Bener nggak sih? Hehe.. Kebetulan tadi pagi waktu ngobrol sama ibu, ibu bermimpi bertemu tetanggaku yang baru meninggal sekitar beberapa minggu yang lalu. Rasa-rasanya ibuku sering banget ya cerita kalau sering bermimpi bertemu dengan teman-teman ibu ataupun keluarga yang sudah meninggal. Tapi ibuku biasa aja, nggak takut ataupun panik seperti orang kebanyakan, hehe.. Ibu pernah bertanya pada seorang ustadz, apa artinya jika kita bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal. Ustadz menjawab berarti orang tersebut sedang menemui kesulitan di alam barzakh / kubur, mereka mendatangi kita yang masih hidup agar mendoakan mereka, untuk meringankan beban mereka di alam barzakh.
Btw, ada juga cerita tentang pentingnya mendoakan orang yang sudah meninggal...

Ada seorang wanita ahli ibadah bernama Bahiah. Karena merasa ajalnya hampir tiba, dia pun menghadapkan wajahnya ke langit dan berkata, "Wahai Tuhan tempat kami berlindung, aku menyandarkan diri kepada-Mu, dan janganlah Engkau menghinakanku saat kematianku, dan selamatkan aku dari rasa takut di dalam kubur."
Setelah meninggal dunia, anak lelakinya setiap hari dan malam Jumat senantiasa datang ke kuburnya; membaca al-Quran dan berdoa di atas pusaranya; memohon agar Allah mengampuni kesalahannya dan kesalahan para penghuni kubur lainnya.
Pada suatu malam, anak itu bermimpi bertemu ibunya. Setelah memberi salam, dia pun menanyakan keadaan ibunya. Sang ibu menjawab, "Anakku, kematian merupakan perkara yang amat sulit dan berat, tetapi alhamdulillah, aku mendapatkan tempat yang baik di alam barzakh."
Sang anak bertanya, "Ibu, adakah sesuatu yang kau perlukan?" Sang ibu menjawab, "Ya, hendaklah engkau senantiasa berdoa dan membaca al-Quran untukku; kedatanganmu setiap hari dan malam Jumat membuat kuburku terang dan aku merasa gembira. Saat engkau datang ke kuburku, seluruh penghuni kubur berkata padaku, 'Wahai Bahiah, putramu datang.' Aku dan mereka yang ada di sekitar kuburku merasa gembira atas hadiah yang kau berikan."
Setelah peristiwa itu, lelaki muda itu sibuk membaca al-Quran dan doa untuk ibunya dan mereka yang ada di sekitar kubur ibunya. Pada suatu malam, lelaki muda ini bertemu dengan serombongan orang yang datang menghampirinya. Dia bertanya kepada mereka, "Siapakah kalian?" Mereka menjawab, "Kami adalah para penghuni kubur. Dan sekarang kami datang menemuimu untuk mengucapkan rasa terima kasih kami kepadamu atas doa dan bacaan al-Quran yang engkau hadiahkan untuk kami. Kami berharap, semoga engkau senantiasa melakukannya."     

Wah wah, segitu pentingnya ya mendoakan orang yang sudah meninggal. Ohya ada lagi nih, dari status facebook seseorang.

‎'Kata Orang, Malam Jum'at Malam Yang Menakutkan...!! 
Masih teringat kenangan waktu kecil pulang ngaji lari terbirit-birit, khususnya malam Jum'at Kliwon. Kata orang malam Jum'at roh-roh pada keluar ditambah lagi kuburan di tempat kita cenderung menyeramkan. 
Lain lagi pemandangan dari malam Jum'at dan kuburan yang kudapati di Qom-Iran. Mulai Kamis setelah dhuhur sampai Jum'at siang, kuburan2 dipadati para penziarah dari anggota keluarga si ahli kubur, sampai2 jalan raya yang melintasi area pemakaman macet dipadati mobil2 para penziarah.
Mereka datang tiap minggu membersihkan kuburan dari keluarganya yang sudah meninggal lalu mendoakannya. Sehingga kuburan tetap terjaga kebersihan dan jauh dari kesan menyeramkan. Bahkan orang2 pun tidak akan merasa takut ketika melewatinya, atau bahkan tidur di kuburan.
Ternyata kudapati Jawaban dua pemandangan yang berbeda itu dari sebuah hadis yang terdapat dalam kitab 'Manazilal Akhirah' karya Syekh Abbas Qummi. Dalam hadis disebutkan dari mulai Kamis sore hingga Jum'at siang roh-roh dari keluarga kita yg sdh meninggal akan mendatangi kita untuk meminta kiriman hadiah doa2 dan pahala lainnya dari keluarganya, bukan untuk menakut2i karena di alam Barzah sana mereka sedang menghadapi perhitungan ato hisab alam kubur.
Jika kita mengirimkan doa untuk mereka maka mereka akan kembali ke alam Barzah dg gembira. Namun jika kita tidak mengirimkan doa maka mereka akan kembali dalam keadaan sedih. 

Jadi teman-teman semua, jangan takut dulu yaa, hehe.. Kita harus senantiasa mendoakan mereka yang sudah meninggal. Kehidupan di alam barzakh amatlah berat dan sepi. Sudah merupakan kewajiban kita yang masih hidup untuk membantu mereka. Agar nantinya, bila kita meninggal nanti insya Allah akan ada orang juga yang mendoakan kita. Amiiin...

22 comments:

  1. kalau mimpi ketemu orang yang meninggal dan memberi nasehat apa artinya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hm.. maaf sebelumnya, saya juga kurang tau tentang hal itu. saya nge-post ttg ini sebenernya cuma ingin sharing aja. tapi sejauh ini yang saya dapat dari ustadz saya, kalo kita bermimpi ttg orang yang sudah meninggal, berarti orang tersebut sedang mengalami kesulitan di alam barzakh dan butuh bantuan doa dari kita yang masih hidup. semoga bisa menjawab pertanyaan bapak :)

      Delete
  2. kalau mimpi tentang adik yg sudah meninggal, tapi didlm mimpi saya menangis karena kepergian adik saya Alhamdani Rahman yg meninggal pada bulan agustus tepatnya 17 ramadhan 2008 dan pundak kiri saya di pegang adik saya yang terakhir yaitu H.Muslihuddin yang meninggal bulan November 2011 adik saya menenangkan saya supaya saya jangan bersedih dan menangisi kepergian mereka berdua yang terlalu cepat... karena saya sangat shok degna kepergian mereka...

    ReplyDelete
  3. untuk itu marilah kita sama2 berdo'a untuk saudara2 kita yg telah m,endahului kita.

    ReplyDelete
  4. kalau bermimpi ketemu dengan alm ayah lalu beliau minta baju dan celana, pertanda apa y mba? trims

    ReplyDelete
  5. bru saja semalam (malam kamis) aq bertemu alm.ayah ku, dan ternyata stelah baca articel ini ternyata alm.ayahku minta doa :')

    ReplyDelete
  6. itu anaknya ibu bahiah baca al Qur'annya dikuburan ato dirmh. Setau saya kalo baca ayat suci al Qur'an dikuburan kan ga boleh..

    ReplyDelete
  7. yups, bener mbak yu..
    bapakku selalu berpesan, "doakanlah mamahmu yg sudah dialam barzakh, karna cuma itu yang sangat mamahmu harapkan, dan hanya itu cara terbaik untuk ta'at padanya saat ini" :')

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Assalam wr wb . Mba..
    Saya tadi malam mimpi (didatangi Alm. Nenek)itu artinya apa ya mba?
    Kebetulan dulu Saya adalah Cucu Kesayangan Nenek saya, dimasa-masa terakhir hidup nya :)

    ReplyDelete
  10. cerita itu dari riwayatnya siapa ya?

    ReplyDelete
  11. ∂ķΰ rasa lw qt bermimpi dng Ơ̴͡ƦªÑƍ Ƴα̍Ϟƍ sdh meninggAl arti Ώÿå dya. Merindukan kluarganya atau ªđäª sesuatu Ƴα̍Ϟƍ ingin dya smpaikan wkt dya msih hidup tp bloum dya katakan,ɪ̣̇†Ǚ menurut ∂ķΰ....╠╣ϱ₂:p╠╣ϱ₂:D╠╣ϱ₂:$╠╣ϱ₂

    ReplyDelete
  12. Saya semalam mimpi teman saya yg udh meninggal, paling kangen ama aq kali ya :D

    ReplyDelete
  13. kalau mimpi bertemu dengan ayah yang sudah meninggal terus dia mengajak aku pergi k suatu tempat,arti ny apa??

    ReplyDelete
  14. tergantung mimpi nya.biarpun ketemu orang yang sudah meninggal tapi mimpi itu baik,itu mimpi dari ALLAH S.W.T..dan kita wajib mensyukuri.tapi jika mimpi itu buruk,itu hanyalah tipu daya setan,dan hendaknya kita berlindung dari godaan syetan tersebut.

    ReplyDelete
  15. gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  16. kalau mimpi ketemu bapak yg udh meninggal dan bapak marah'' lalu menutup sesuatu dengan yg baaaaapak kira ada yg bongkar,artinya knapa ya......./

    ReplyDelete
  17. SAya Semalam Habis bermimpi ketemu alm adeku aswinto Tapi cuman sbentar truss dia menghilang pertanda apa itu

    ReplyDelete
  18. subhanallah,, mimpi adalah rahasia allah , janganlah coba menafsirkan mimpi, berserah diri kepada Allah adalah cara yang terbaik untuk menyikapi mimpi

    ReplyDelete
  19. Semoga Allah SWT selalu merahmati kita semua.. Amiin

    ReplyDelete
  20. Inti nya apapun itu
    Kalau bermimpi keluarga yang sudah meninggal

    Mau dia marah
    Nanggis
    atau apapun yang dia lakukan dalam mimpi kita

    Tujuan nya hanya 1 minta dikirim doa

    ReplyDelete