Friday, January 25, 2013

Resep Lasagna Panggang (Baked Lasagna Recipe) ala Fariztah

Akhirnyaa.. Dengan sedikit modifikasi dari resep yang aku temukan karena resep yang pertama dulu aku lupa menyimpannya, tetapi sepertinya masakan kedua ini yang paling pas. Daripada aku lupa lagi resep kemarin jadi aku tulis di blog. Hehe.. Karena masih ada satu bungkus pasta lasagna lagi -__-
Kalau mau mencoba resep ini juga silahkan.



Bahan:

125 gram pasta lasagna instan
50 gram keju parmesan
margarin untuk mengoles loyang

Saus Daging (Red Sauce):
margarin untuk menumis
150 gr bawang bombay, cincang halus (setara dengan 1 buah bawang bombay besar)
300 gr daging ayam giling
300 gr tomat merah, rebus, kuliti, cincang halus
340 ml (1 botol) saus tomat
oregano bubuk
garam
gula pasir
merica bubuk

Saus Keju (White Sauce):
30 gr margarin
40 gr tepung terigu
400 ml susu cair
garam
gula pasir
merica bubuk
oregano
100 gr keju cheddar, parut halus (sebenarnya di beberapa resep menggunakan keju mozarella, tapi berhubung budget anak kuliahan terbatas, jadinya keju cheddar aja)

Cara membuat:
1. Siapkan semua bahan yang diperlukan, cincang yang perlu dicincang seperti bawang bombay dan tomat, parut keju.
2. Saus keju: lelehkan mentega, tumis terigu hingga kecoklatan, tuangi susu sambil aduk hingga rata. Bubuhi garam, merica dan gula pasir, aduk rata. Tambahkan keju, aduk rata. Bisa tambahkan juga oregano. (Bumbu-bumbu ditambahkan sesuai selera, yang pasti gula pasir lebih banyak daripada garam). 
3. Saus daging: lelehkan mentega, tumis bawang bombay hingga harum. Masukkan daging ayam, aduk hingga berubah warna. Masukkan tomat cincang, saus tomat, gula pasir, garam, merica, dan oregano, aduk rata (Bumbu-bumbu ditambahkan sesuai selera, yang pasti gula pasir lebih banyak daripada garam). Masak hingga matang.
4. Dalam loyang yang sudah dioles margarin, ratakan saus daging pada dasar loyang lalu susun sebagai berikut: pasta lasagna-saus daging-saus keju-keju parut (parmesan dan cheddar). Lalu ulangi lagi dari urutan pertama, pasta lasagna. Lakukan hingga bahan habis. Taburi keju parmesan parut, ratakan.
5. Panggang dalam oven selama 40 menit. Angkat. Sajikan hangat.

Sebenarnya, resep lasagna ini menggunakan daging sapi giling. Tetapi ketika aku beli di suatu supermarket, daging sapinya masih digiling, jadi aku mengubah rencana dengan membeli daging ayam giling. Rasanya juga tidak kalah enak. Lagipula rasanya tidak terlalu 'eneg' juga. Yang aku modifikasi juga adalah saus tomat. Resep sebenarnya menggunakan pasta tomat. Tetapi pasta tomat yang aku beli dulu sudah menjamur. Lagipula harga pasta tomat lebih mahal (lagi-lagi masalah harga) dan karena lidahku lidah orang Indonesia yang suka dengan rasa yang lebih 'kaya', aku menggunakan satu botol saus tomat.
Untuk pasta lasagna, aku menggunakan instant lasagna "San Remo". Oven ready lasagna sheets, no pre-cooking required. Jadi tidak perlu direbus dulu, tetapi langsung disusun di loyang. Yang tersedia di supermarket di daerah dekat rumahku beratnya per bungkus 250 gr. Jika menggunakan resep ini, berarti menggunakan setengahnya, yaitu 125 gr.
Hasil resep modifikasi ini dibandingkan dengan resep pertama kali dulu, kali ini tekstur lasagna lebih bagus dan lebih kaya rasa. Saus kejunya juga lebih tepat daripada saat pertama buat dulu. Yang pertama, perbandingan tepung terigu dengan susu cair tidak tepat. Susunya terlalu banyak. Tetapi yang kedua ini perbandingannya agak tepat, walaupun tidak sengaja menuangkan terlalu banyak tepung terigu daripada yang seharusnya dibutuhkan. Meskipun begitu, secara keseluruhan menurutku, rasanya lumayan bagi amatiran seperti aku, hehe..
Happy cooking ^^

No comments:

Post a Comment